Pertambangan

Sebaran Bahan Galian

Bahan galian logam terutama logam mulia terbukti terdapat di wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang serta terindikasi di wilayah Kabupaten Serang.

Wilayah Cikotok dan sekitarnya berada di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, sejak zaman penjajahan Belanda merupakan wilayah pertambangan emas dan bahan galian lain pengikutnya seperti perak. Meskipun saat ini penambangan yang dikelola PT Aneka Tambang Tbk. sudah mulai menghentikan kegiatan eksploitasinya namun potensinya masih tersedia dan terbukti dengan masih dilakukannya penambangan oleh rakyat. Potensi tersebut berada di wilayah Taman Nasional Gunung Halimun serta di daerah  Cipanas dan Panggarangan.

Di Kabupaten Pandeglang, kegiatan penambangan emas sedang dipersiapkan oleh PT Aneka Tambang Tbk. bekerjasama dengan PT. Cibaliung Sumber Daya. Potensi lainnya terindikasi di wilayah Kecamatan Cigeulis.
Di Kabupaten Serang, emas terindikasi di wilayah Kecamatan Padarincang, Anyer dan Mancak

Bahan galian logam lainnya yang tertutama adalah Galena yang merupakan bijih timah hitam (Pb). Mineralisasi galena terkait dengan mineralisasi emas tersebar di kecamatan Cibeber, Cipanas, Panggarangan dan Malingping.

Bahan galian non logam mempunyai penyebaran hampir diseluruh wilayah Provinsi Banten dengan kecendrungan sebaran terbanyak menepati wilayah Provinsi Banten bagian selatan yang meliputi Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. Di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon bahan galian yang bernilai ekonomi adalah Andesit, basalt,  tras dan batu apung yang terdapat dalam tufa.

Di Kabupaten Lebak, bahan galian non logam yang bernilai ekonomis adalah berbagai jenis bahan galian industri seperti zeolit, felspar, bentonit, batugamping, pasir kuarsa, batu sempur, batumulia serta batubara. Sedangkan di Kabupaten Pandeglang terdapat potensi batumulia yang dapat bernilai ekonomis selain batubelah, tras dan pasir.
Dalam rangka lebih memfokuskan usaha pertambangan di Provinsi Banten ada beberapa jenis bahan galian yang menjadi unggulan, antara lain emas, pasir kuarsa, zeolith, batu sempur, batu gamping, batu apung dan batubara.

Untuk potensi gas dan minyak bumi, Pemerintah Pusat telah menyerahkan Blok Ujung Kulon untuk kegiatan eksplorasi dan pada saat ini tengah menawarkan Blok Rangkasbitungdan Blok Banten.

Potensi Unggulan Bahan Galian

Keberadaan berbagai jenis bahan galian yang ada di Provinsi Banten, mempunyai perkiraan cadangan, luas wilayah dan kualitas yang berbeda-beda, oleh karena itu dalam rangka lebih memfokuskan usaha pertambangan di Provinsi Banten ada beberapa potensi bahan galian yang dapat menjadi unggulan, antara lain pasir kuarsa, batu sempur, bentonit, trass, zeolit, emas, batu gamping, batuapung, feldsfar, batubara dan kaolin.

2 responses to “Pertambangan

    • Maaf mbak.. klo saya ga punya datanya.. klo bisa mbk datang aja ke Kantor Dinas Pertambangan dan Energi Prov. Bantennya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s