Energi Fosil

1. Batu Bara
Banten memiliki sumber daya batubara sebesar 10,3 juta dalam bentuk sumber daya tereka, yang terletak di Banten Selatan. Keberadaan sumber daya batubara ini berpotensi untuk pengembangan pembangunan pembangkit listrik skala kecil dengan bahan bakar utama batu bara.

Kualitas, Sumberdaya dan Cadangan Batubara Provinsi Banten
sumber :  www. esdm.go.id

2. Migas
Di Provinsi Banten terdapat potensi Migas, yaitu :

  • Blok Ujung Kulon Posisinya berada di offshore dan onshore sebelah selatan Provinsi Banten. Blok ini sedang dalam proses pelaksanaan eksplorasi oleh Energi3 Berhad, Malaysia.
  • Blok Rangkas  Posisi diatas Blok Ujung Kulon. Blok ini sekarang sedang dalam proses eksplorasi yang dilakukan oleh Lundin Rangkas BV anak perusahaan Lundin Petroleum Swedia.
  • Blok Banten  Posisi diutara Blok Rangkas (dalam tahap pendataan untuk ditenderkan oleh Pemerintah Pusat/Dirjen Migas)

Potensi cadangan Migas di daerah ini belum diketahui secara pasti karena masih dalam tahap eksplorasi lanjutan.

Di Banten terdapat Depo Pertamina Tanjung Gerem di Merak dan Depo Petronas dan Shell di Merak yang mensupply kebutuhan migas untuk wilayah Banten. Selain itu kebutuhan migas Banten juga di supply dari Depo Pertamina Plumpang di Jakarta.

Di Provinsi Banten terdapat sekitar 98 SPBU yang melayani penjualan BBM, yaitu tesebar di Kota Tangerang 22 SPBU, Kabupaten Tangerang 37 SPBU, Kabupaten Serang 16 SPBU, Kota Cilegon 6 SPBU, Kabupaten Pandeglang 8 SPBU dan Kabupaten Lebak 9 SPBU.

3. Gas
Di Banten pada saat ini, telah terdapat jaringan pipa transmisi gas bumi yang membentang dari Cilegon ke Cirebon milik Pertamina untuk mensuply gas ke kawasan industri krakatau steel. Di samping itu terdapat juga jaringan distribusi gas bumi milik PT. PGN yang memasok gas bumi ke industri-industri di wilayah Banten Utara. Industri-industri di Tangerang merupakan pelanggan terbesar gas bumi PT. PGN.

Untuk memenuhi permintaan gas bumi di Pulau Jawa yang terus meningkat, PT. PGN sedang membangun jaringan transmisi pipa gas bumi dari Grissik di Sumatera Selatan menuju ke Serpong Tangerang dengan entry point nya di Bojonegara, Kabupaten Serang. Pembangunan pipa transmisi sedang dalam tahap penyelesaian. Pipa transmisi gas ini direncanakan berkapasitas maksimum 1.000 MMSCFD (juta kaki kubik per hari). Pembangunan pipa distribusi untuk menyalurkan gas dari Bojonegara ke Kawasan Industri Krakatau Steel juga saat ini sedang di bangun oleh PT. PGN dan PT. KDL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s